Koperasi Didorong Lahirkan Produk Bersaing

Diposting oleh Belum Basi Admin on Kamis, 14 Juni 2012

Saran Belum Basi :

Belum Basi™ | Koperasi Didorong Lahirkan Produk Bersaing
BANDA ACEH - Koperasi sebagai wadah pemerdayaan masyarakat didorong untuk berkiprah lebih maksimal menjadi lembaga yang mandiri dan mampu menciptakan produk yang bisa bersaing di dunia global. Demikian ditegaskan Setyo Heriyanto, Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM pada Kementerian Negara Koperasi dan UKM dalam Seminar Nasional Koperasi di Hotel Hermes Palace, Rabu (13/6).

“Koperasi harus dapat menempatkan dirinya pada posisi yang lebih baik, juga perlu dipikirkan bagaimana koperasi dapat melahirkan market sell,” katanya.

Dia sebutkan koperasi masa kini tidak hanya lagi sebatas untuk mengurusi kesejahteraan anggotanya, akan tetapi melalui wadah koperasi juga bisa merambah ke dunia bisnis yang lebih menjanjikan. Bahkan dalam konteks yang lebih luas koperasi sebagai lembaga berbadan hukum dapat memperluas jaringannya dengan merambah ke berbagai sektor bisnis untuk meningkatkan omset kelembagaan.

“Paradigma ini yang harus diubah. Bahwa memang koperasi bukan hanya sebatas mengurusi soal sembako untuk para anggotanya,” kata Setyo.

Menurutnya setiap koperasi tidak dapat berdiri sendiri, melainkan terikat dengan mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan secara kelembagaan maupun terstruktur sesuau Undang-undang.

Untuk itu, katanya, diperlukan satu manajemen yang mapan dan yang profesional dalam mengelola koperasi agar bisa berkembang labih pesat.

Sementara itu Team Leader Proyek Ekonomi Sosial Aceh Terpadu (PESAT) Syarifah Henny Buftheim menambahkan kopersi tidak hanya fokus pada materi dan individual, tetapi terintegrasi dalam sebuah wadah kebersamaan.

“Hal yang lebih penting adalah bagimana lewat koperasi bisa menghasikan sumberdaya manusia yang lebih baik dan mandiri,” katanya. (sar)

Editor : bakri
Sumber:http://aceh.tribunnews.com/2012/06/14/koperasi-didorong-lahirkan-produk-bersaing

0 komentar on Koperasi Didorong Lahirkan Produk Bersaing, add comment

Posting Komentar

Silakan berkomentar disini ...

Terima Kasih!
Salam BelumBasi...

 
Belum Basi - Belum Basi | Warung Gratis | kioseo | SEO