Mata-matai Al-Qaeda, AS Perluas Pangkalan Udara Rahasia di Afrika

Diposting oleh Belum Basi Admin on Kamis, 14 Juni 2012

Saran Belum Basi :

Belum Basi™ | Mata-matai Al-Qaeda, AS Perluas Pangkalan Udara Rahasia di Afrika


Washington,
Militer Amerika Serikat tengah memperluas jaringan pangkalan udara rahasia di Afrika. Hal ini dilakukan untuk memata-matai jaringan Al-Qaeda dan kelompok-kelompok militan lainnya.

Menurut harian Washington Post seperti dilansir AFP, Kamis (14/6/2012), operasi pengintaian itu dilakukan oleh pesawat-pesawat turboprop kecil tak bertanda yang terbang ribuan kilometer antara pangkalan-pangkalan udara dan tempat-tempat pendaratan di hutan-hutan di wilayah benua hitam itu.

Program yang telah diluncurkan sejak tahun 2007 ini, menunjukkan perluasan masiv operasi pasukan khusus AS dalam beberapa tahun terakhir. Juga militerisasi operasi intelijen selama perang melawan Al-Qaeda yang telah berlangsung satu dekade.

Pangkalan-pangkalan di Burkina Faso dan Mauritania selama ini digunakan untuk memata-matai kelompok Al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM). Sementara basis-basis di Uganda digunakan untuk memburu Lord's Resistance Army, gerakan gerilyawan brutal yang dipimpin Joseph Kony, yang diburu atas dakwaan kejahatan perang oleh Pengadilan Kejahatan Internasional atau ICC.

Menurut Washington Post, kini ada rencana untuk membuka pangkalan udara lain di Sudan Selatan guna membantu memburu Kony. Pria itu diburu atas keterkaitan dalam serangkaian kekejaman dan beroperasi di bagian-bagian wilayah Afrika tengah paling terpencil dan sulit dijangkau.

Di Afrika Timur, pesawat AS beroperasi di Djibouti, Ethiopia, Kenya dan Kepulauan Seychelles untuk memata-matai milisi Al-Shebab yang terkait Al-Qaeda.

Menurut The Post, salah satu pangkalan rahasia AS itu berada di tempat terpencil di Ouagadougou, ibukota Burkina Faso di Afrika Barat. Menteri Luar Negeri Burkina, Djibril Bassole menolak menjawab pertanyaan mengenai operasi pasukan khusus AS di negerinya.

Namun dikatakannya, pemerintah Burkina menghargai kerja sama keamanan AS. "Kami perlu memerangi dan melindungi perbatasan kami," cetus Bassole. "Begitu mereka menyusup ke negara kami, akan sangat, sangat sulit untuk mengeluarkan mereka," imbuhnya mengenai kelompok Al-Qaeda.

(ita/nrl)
#Sumber:
http://news.detik.com/read/2012/06/14/133901/1941326/1148/mata-matai-al-qaeda-as-perluas-pangkalan-udara-rahasia-di-afrika

0 komentar on Mata-matai Al-Qaeda, AS Perluas Pangkalan Udara Rahasia di Afrika, add comment

Posting Komentar

Silakan berkomentar disini ...

Terima Kasih!
Salam BelumBasi...

 
Belum Basi - Belum Basi | Warung Gratis | kioseo | SEO